Simak Cara Mengobati Pruritis Berikut


Hasil gambar untuk pruritis

Healthlyf.com

Melacak penyebab gatal Anda dapat memakan waktu dan melibatkan pemeriksaan fisik dan pertanyaan tentang riwayat kesehatan Anda. Jika dokter mengira kulit Anda adalah akibat dari kondisi medis, Anda mungkin harus menjalani tes, termasuk:

  • Tes darah. Hitung darah lengkap dapat memberikan bukti kondisi internal yang menyebabkan rasa gatal Anda, seperti kekurangan zat besi.
  • Tes fungsi tiroid, hati, dan ginjal. Gangguan hati atau ginjal dan kelainan tiroid, seperti hipertiroidisme, dapat menyebabkan gatal.
  • Sinar-X dada. Rontgen dada dapat menunjukkan jika Anda memiliki pembesaran kelenjar getah bening, yang bisa menyertai kulit gatal.

Ada banyak alasan untuk kulit gatal. Ini bisa disebabkan oleh kondisi kulit, seperti eksim, herpes zoster, gatal-gatal, atau psoriasis, atau bisa juga merupakan tanda penyakit menular, seperti kudis atau kurap. Untuk membantu menenangkan kulit gatal, dokter kulit merekomendasikan tips berikut sebagai cara mengobati pruritis :

– Oleskan kain dingin, basah atau kompres es ke kulit yang gatal. Lakukan ini selama sekitar lima hingga 10 menit atau sampai gatalnya reda.

– Masker oatmeal. Ini bisa sangat menenangkan, terutama untuk lepuh atau kulit yang keluar karena cacar air, gatal-gatal, poison ivy atau terbakar sinar matahari.

– Melembabkan kulit Anda. Selalu pilih pelembab yang bebas dari zat tambahan, wewangian dan parfum.

– Oleskan anestesi topikal yang mengandung pramoxine.

– Oleskan zat pendingin, seperti mentol atau kalamin. Anda juga bisa menempatkan pelembab Anda di lemari es untuk membantu mencapai efek pendinginan ini.

Cara Mengobati Pruritis 

Perawatan kulit yang gatal berfokus pada mencari penyebab gatal dan menghilangkannya. Jika pengobatan rumahan tidak meredakan kulit gatal, dokter dapat merekomendasikan obat resep atau perawatan lain. Opsi meliputi :

  • Krim dan salep kortikosteroid. 

Jika kulit Anda terasa gatal dan merah, dokter Anda mungkin menyarankan untuk mengoleskan krim atau salep untuk daerah yang sakit. Anda kemudian dapat menutupi kulit yang dirawat dengan bahan katun lembab. Kelembaban membantu kulit menyerap obat dan memiliki efek pendinginan.

  • Krim dan salep lainnya. 

Perawatan lain yang Anda terapkan pada kulit Anda termasuk inhibitor kalsineurin, seperti tacrolimus (Protopic) dan pimecrolimus (Elidel). Atau Anda mungkin merasa lega dengan anestesi topikal, capsaicin dan doxepin.

  • Obat oral. 

Antidepresan yang disebut inhibitor reuptake serotonin selektif, seperti fluoxetine (Prozac) dan sertraline (Zoloft), dapat membantu meredakan beberapa jenis gatal kronis.

  • Terapi cahaya (fototerapi). 

Fototerapi melibatkan mengekspos kulit Anda ke jenis cahaya tertentu. Beberapa sesi biasanya dijadwalkan sampai gatal-gatal terkendali.

Selain pengobatan, upaya pencegahan tentu juga perlu. Saat merawat kulit Anda, hindari menggaruk, karena ini akan semakin mengiritasi kulit Anda dan dapat meningkatkan risiko infeksi kulit. Ini juga merupakan ide yang baik untuk mengambil langkah-langkah untuk membantu mencegah kulit Anda gatal. Untuk membantu mencegah gatal-gatal, ahli kulit merekomendasikan tips berikut :

  • Mandilah dengan suam-suam kuku – bukan air panas. Cobalah membatasi mandi atau mandi Anda hanya 10 menit.
  • Selalu gunakan lotion “bebas pewangi”, sabun dan deterjen untuk meminimalkan iritasi. Berhati-hatilah terhadap produk yang berlabel “tanpa aroma”, karena mungkin masih memiliki bahan kimia yang dapat mengiritasi kulit Anda.
  • Seperti yang diarahkan oleh dokter kulit Anda, oleskan obat sebelum pelembab. Kemudian, oleskan pelembab Anda ke semua area kulit Anda, termasuk area yang dirawat dengan obat-obatan.
  • Pakailah pakaian katun yang longgar. Wol dan kain yang terasa kasar lainnya dapat mengiritasi kulit Anda, menyebabkan rasa gatal yang hebat.
  • Hindari perubahan suhu yang ekstrem. Menjaga lingkungan kelembaban yang relatif dingin dan netral di rumah Anda. Gunakan pelembab udara selama musim dingin jika Anda cenderung kulit kering dan eksim.
  • Kurangi stres, karena stres dapat membuat gatal Anda bertambah parah.

Jika gatal Anda tidak hilang dengan perawatan di rumah dan cara mengobati pruritis tidak bekerja, kunjungi dokter kulit. Beberapa orang memiliki lebih dari satu alasan untuk menggaruk, dan dokter kulit dapat bekerja dengan Anda untuk menemukan penyebabnya dan menghilangkan rasa gatal Anda.

Sumber :

www.mayoclinic.org

www.aad.org 

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>